Jumat, 01 April 2011

pengembangan kurikulum

BAB I

PENDAHULUAN

A. LATAR BELAKANG

Kurikulum adalah suatu hal yang esensial dalam suatu penyelenggaraan pendidikan. Secara sederhana, kurikulum dapat dimengerti sebagai suatu kumpulan atau daftar pelajaran yang akan diajarkan kepada peserta didik komplit dengan cara pemberian nilai pencapaian belajar di kurun waktu tertentu. Kurikulum harus mampu mengakomodasi kebutuhan peserta didik yang berbeda secara individual, baik ditinjau dari segi waktu maupun kemampuan belajar. Oleh karena itu, merumuskan suatu kurikulum sudah barang tentu bukan perkara gampang. Banyak faktor yang menentukan dalam proses lahirnya sebuah kurikulum.

Dalam merancang kurikulum biasanya dibentuk suatu tim kerja khusus yang dapat berupa lembaga resmi, misalnya seperti Pusat Kurikulum Departemen Pendidikan Nasional. Pusat Kurikulum sampai saat ini sebagai satu-satunya lembaga resmi bermandat menelurkan kurikulum bagi sekolah penyelenggara pendidikan nasional Indonesia. Tercatat sudah ada 7 kurikulum; kurikulum pertama tahun 1964, kurikulum 1976, kurikulum 1984, kurikulum 1994, Kurikulum edisi revisi 1999 dan yang terbaru kurikulum 2004, yang dilanjut dengan lahirnya Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) 2006. Masing-masing kurikulum memiliki warna dan ciri khas tersendiri. Warna dan ciri khas tiap kurikulum menunjukkan kurikulum berusaha menghadirkan sosok peserta didik yang paling pas dengan zamannya.

Berdasarkan hal tersebut diatas penulis mencoba untuk membahas karakteristik dari beberapa kurikulum yang disebutkan diatas, diantaranya karakteristik dari kurikulum 1994, kurikulum 2004 atau disebut dengan Kurikulum Berbasis Kompetensi (KBK), dan kurikulum tahun 2006 yang dikenal dengan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP).

B. RUMUSAN MASALAH

Adapun yang menjadi pokok permasalahan dalam penulisan makalah ini adalah:

1. Apa yang dimaksud dengan kurikulum ?

2. Apa yang dimaksud dengan kurikulum tahun 1994, kurikulum tahun 2004 (KBK), dan kurikulum tahun 2006 (KTSP)

3. Apa saja karakteristik dari masing-masing kurikulum 1994, KBK, dan KTSP?

4. Apa perbedaan dan persamaan dari masing-masing karakteristik kurikulum 1994, KBK, dan KTSP?

C. TUJUAN PENULISAN

Adapun yang menjadi tujuan dalam penulisan makalah ini adalah:

1. Untuk mengetahui pengertian dari kurikulum.

2. Untuk mengetahui apa yang dimaksud dengan kurikulum 1994, KBK, dan KTSP.

3. Untuk mengetahui karakteristik dari kurikulum 1994, KBK, dan KTSP.

4. Untuk mengetahui persamaan dan perbedaan karakteristik dari masing kurikulum1994, KBK, dan KTSP.

BAB II

HAKIKAT KURIKULUM

A. PENGERTIAN KURIKULUM

Istilah kurikulum semula berasal dari istilah dari dunia atletik yaitu curere yang berarti berlari. Dari atletik, mengalami pergeseran arti ke dunia pendidikan, misalnya pengertian kurikulum yang tercantum dalam Webster’s International Dictionary:

Curiculum : Course a specified fixed course of study, as in a school or college, as one leading ti a degree.

Kurikulum diartikan sebagai sejumlah mata pelajaran atau ilmu pengetahuan yang ditempuh atau dikuasai untuk mencapai suatu tingkat tertentu atau ijazah. Beberapa pendapat para ahli tentang kurikulum yaitu:

1. Robert Gagne (1967): kurikulum adalah suatu rangkaian unit materi belajar yang disusun sedemikian rupa sehingga anak didik dapat mempelajarinya berdasarkan kemampuan awal yang dimiliki/dikkuasai sebelumnya.

2. James Popham, dam Eva Baker (1970): kurikulum adalah seluruh hasil belajar yang direncanakan dan merupakan tanggung jawab sekolah.

3. Glatthorn mengartikan kurikulum sebagai rencana yang dibuat untuk membimbing anak belajar di sekolah, disajikan dalam bentuk dokumen yang sudah ditentukan, disusun berdasarkan tingkat-tingkat generalisasi, dapat diaktualisasikan dalam kelas, dapat diamati oleh pihak yang tidak berkepentingan, dan dapat membawa perubahan tingkah laku. (M. Ahmad.Pengembangan Kurikulum).

Secara umum kurikulum adalah suatu rencana tertulis yang berisi tentang ide-ide dan gagasan-gagasan yang dirumuskan oleh pengembang kurikulum termasuk didalamnya kegiatan yang dilakukan siswa dalam proses belajar.

Perkembangan dan perubahan yang terjadi dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara di Indonesia tidak terlepas dari pengaruh perubahan global, perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, serta seni dan budaya. Perubahan secara terus menerus ini menuntut perlunya perbaikan sistem pendidikan nasional termasuk penyempurnaan kurikulum untuk mewujudkan masyarakat yang mampu bersaing dan menyesuaikan diri dengan perubahan zaman. selengkapnya baca disini http://www.ziddu.com/download/15526052/KURIKULUM94KBKKTSP.docx.html


Tidak ada komentar: